fbpx

Sindonews.com “Alumni ITB Siapkan Rp10 Miliar untuk Modal Ventura”

gembong primadjaya

JAKARTA – Ikatan Alumni Mesin Institut Teknologi Bandung (IAM ITB) menggelontorkan dana sebesar Rp10 miliar untuk meluncurkan program modal ventura.

Program yang akan dikelola oleh kelompok alumni mesin (Mesin Entrepreneur Club/- MEC) akan memberikan bantuan berupa dukungan finansial dan manajemen bagi technopreneur pemula (start-up company ) yang berpotensi dalam mengembangkan bisnisnya. ”Semester dua program ini akan diluncurkan. Kami semangatnya untuk membantu para alumni mesin ITB agar menjadi pengusaha,” ujar Wakil Ketua IAM ITB Rudy Andriyana di Jakarta kemarin.

Rudy menjelaskan, pemberian bantuan modal ventura ini akan dibagi dalam tiga tahap yakni modal Rp200 juta ke bawah untuk usaha kecil, hingga Rp1 miliar untuk kelas menengah dan di atas Rp1 miliar. Untuk yang Rp200 juta hingga Rp1 miliar pemberian bantuan dilakukan karena masih banyak yang belum bankanble, sedangkan yang lebih dari Rp1 miliar akan difasilitasi untuk mendapatkan pinjaman perbankan.

Sementara, Ketua IAM-ITB Gembong Primadjaya mengatakan, pendirian MEC Modal Ventura ini didukung oleh para alumni yang telah menjadi pengusaha sukses seperti Teddy P Rachmat, Benny Subianto, Iman Taufik, Pandri Prabono dan lainnya. ”Kombinasi antara pengusaha muda dan pengusaha senior ini diharapkan mampu menggerakkan MEC Modal Ventura sebagai lembaga modal ventura yang kuat dalam mencetak pengusaha baru yang tangguh,” kata Gembong.

Sebagai tahap awal, MEC Modal Ventura akan difokuskan membantu technopreneur IAM-ITB. Dalam jangka panjang, lembaga ini tidak dibatasi untuk kalangan IAM-ITB saja, selama bidang bisnisnya sesuai dengan tujuan lembaga ini yaitu meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia dalam bidang teknologi dan manufaktur. Gembong menuturkan, berbeda dengan lembaga keuangan lain, MEC Modal Ventura tidak hanya fokus pada penyediaan dana saja, tetapi justru yang lebih penting adalah bimbingan manajemen.

”Sasaran MEC adalah sarjana baru dan atau profesional muda, atau start-up company yang kesulitan dalam mendapatkan dukungan finansial dan manajemen,” katanya. Sebagai langkah awal, dukungan finansial akan diberikan pada start-up company yang telah berjalan tetapi kesulitan keuangan untuk mengembangkan bisnisnya lebih lanjut.

MEC Modal Ventura akan memastikan bahwa bisnis yang telah berjalan tersebut tidak mati di tengah jalan hanya karena kesulitan dukungan finansial.

Rakhmat baihaqi(ars)

Artikel asli: https://ekbis.sindonews.com/berita/1003505/150/alumni-itb-siapkan-rp10-miliar-untuk-modal-ventura