fbpx

POJOKSATU.ID “Alumni ITB Siapkan Dana Rp 200 Juta untuk Mahasiswa”

gembong primadjaya

POJOKSATU.id, JAKARTA – Untuk meningkatkan minat kalangan muda, terutama mahasiswa berkiprah menjadi pengusaha, Ikatan Alumni Mesin (IAM) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan modal usaha ratusan juta rupiah. Para alumni ITB melalui kelompok pengusaha alumni Mesin (MEC–Mesin Entrepreneur Club) meluncurkan program modal ventura atau dukungan modal dan pelatihan wirausaha.

Program tersebut memberikan bantuan finansial dan manajemen bagi teknopreneur pemula (start-up company) dari kalangan mahasiswa yang berpotensi dalam mengembangkan bisnisnya.

Untuk tahap awal, Alumni ITB akan mengucurkan dana hibah Rp 10 miliar. Adapun modal yang disiapkan untuk bisnis skala kecil mencapai Rp 200 juta per proposal sedangkan untuk bisnis skala menengah, IAM-ITB menyiapkan modal hingga Rp 1 miliar.

Modal tersebut akan didistribusikan kepada calon pengusaha yang ingin memulai bisnisnya, namun kesulitan untuk mengakses fasilitas kredit perbankan.

“Visi kelompok ini adalah menjadi fasilisator bagi anggota IAM-ITB yang akan memulai dan atau mengembangkan bisnis. Targetnya menumbuhkan teknopreneur baru dan berkembang, dalam rangka membangun kemandirian dan meningkatkan daya saing bangsa sesuai dengan semangat Indonesianisme yang terus digaungkan oleh IAM-ITB,” kata Ketua IAM-ITB, Gembong Primadjaya dalam siaran persnya, Minggu (24/05).

Menurut Gembong, para alumni memandang jumlah pengusaha yang terlalu sedikit membuat upaya menurunkan tingkat pengangguran menjadi terlalu berat. “Karena itu, IAM-ITB percaya bahwa untuk menjadi bangsa yang maju, Indonesia mesti meningkatkan jumlah pengusahanya, khususnya di sektor usaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang teknologi dan manufaktur,” ujarnya.

Melalui skema bantuan dari para alumni, Gembong menargetkan adanya peningkatan jumlah pengusaha dari latar belakang sarjana baru dan profesional muda. Mereka dinilai memiliki potensi dan kemampuan untuk menjadi seorang pengusaha yang tangguh dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. (ril)

Artikel asli: https://pojoksatu.id/pojok-bisnis/2015/05/24/alumni-itb-siapkan-dana-rp-200-juta-untuk-mahasiswa/